SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS MANGUN JAYA

Minggu, 23 Mei 2010

VISI DAN MISI PUSKESMAS

Perumusan Visi dan Misi Puskesmas harus dapat memfokuskan pelaksanaan program-program yang ada di Puskesmas, sehingga program berjalan dengan baik dan membuah hasil yang optimal. Sesuai dengan fungsi Puskesmas, maka visi dan misi yang dibuat harus menyokong fungsi Puskesmas. Fungsi Puskesmas dititikberatkan kepada upaya promotif dan preventif untuk menuju hidup sehat. Pemberdayaan masyarakat merupakan cara yang paling tepat untuk mengajak kepada kemandirian hidup sehat, kedepan diharapkan masyarakat mau dan mampu mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat tersebut. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang sedang menggalakkan desa siaga.
Dengan ditetapkan Visi Puskesmas, Puskesmas Mangunjaya berkeinginan memberikan Pelayanan Kesehatan yang prima, dalam arti Puskesmas mampu memberikan pelayanan kesehatan yang efektif dan responsif.
Visi dan Misi Puskesmas Mangunjaya mempunyai tujuan menyokong tercapainya Bekasi sehat. Untuk mencapai visi tersebut, maka ditetapkan misi sebagai berikut :
1. Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan kerja. Makna dari misi ini adalah Puskesmas mampu menerapkan PHBS dimulai dari lingkungan sendiri, sehingga Puskesmas bisa menjadi teladan masyarakat dan mampu memberikan kenyamanan yang berdampak meningkatkan semangat kerja.
2. Memberikan pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan
3. Memberdayakan masyarakat untuk menuju kemandirian hidup sehat melalui upaya Promotif dan Preventif. Makna dari misi ini adalah sesuai dengan tujuan Puskesmas itu sendiri yaitu memberdayakan masyarakat untuk mandiri sehingga mampu menolong dirinya sendiri dan lingkungannya, mengatasi masalah kesehatan termasuk di dalamnya jaminan pemeliharaan hidup sehat.
4. Membina kerjasama (Team Work) dan menerapkan manajemen yang akuntable. Makna dari misi ini adalah pengorganisasian dan kepemimpinan kesehatan yang baik dan efektif dengan senantiasa berorientasi pada upaya untuk menjamin keberhasilan suatu program.
5. Menggalang kemitraan dengan lintas sektoral untuk memperoleh dukungan dan pembelaan.

0 komentar:

Poskan Komentar